Penggunaan Media Vidio Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas III

Agama, Didik, Guru, Moderenisasi, Peserta

Penulis

  • Chairunnisa Amelia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Fitria Wantika Zain Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Fathini Shofura Hasibuan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Lou Wenny Fransiska Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rofiah Tridiastita Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hafiza Sabilla Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Putri Ramadani Polem Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Kata Kunci:

Agama, Didik, Guru, Moderenisasi, Peserta

Abstrak

Keberhasilan  proses  pembelajaran  dipengaruhi  oleh  beberapa  aspek,  antara  lain  penggunaan  strategi  dalam  pembelajaran  di  kelas.  Peran  guru  dalam  proses  pembelajaran  bukan  satu-satunya  sumber  dan  pusat  dari  pembelajaran  Penelitian ini bertujuan untu mengetahui Implementasi Guru PAI Terhadap Pemahanan Moderenisasi Agama Pada Peserta Didik di Sekolah MAS PAB 2 Helvetia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan media video animasi pada mata pelajaran IPS, siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,7% dengan kategori baik sekali juga. Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dengan menggunakan media video animasi pada mata pelajaran IPS, siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5 % dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar peserta didik.Pada siklus II terlihat persentase motivasi belajar peserta didik yakni 82,2% dengan kategori baik, yang mengalami peningkatan pada indikator 5 yang menjawab sangat setuju sebesar 59,45%

Referensi

Anis, M. Y. (2019). Evaluasi Penggunaan Video Materi Haji Sebagai Media Pembelajaran Pada Kelas 8 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus [Undergraduated Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Anisa, F. W., Fusilat, L. A., & Anggraini, I. T. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 158–163.

Anita, A. (2019). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Materi Gaya (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V Sd Negeri Bukanagara Lembang Semester Ii Tahun Ajaran 2012/2013 [Skripsi S1]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Pt Raja Grafindo Persada.

Asrori, M. (2019). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 5(2).

Balukh, J. A., Kresnadi, H., & Asran, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Kerja Kelompok Di Sekolah Dasar. Balukh, 4(12).

Fip, P. (2019). Pengembangan Media Video Animasi Mata Pelajaran Ipa Materi Siklus Air Untuk Siswa Kelas V Sd. Jurnal Great Media, 09.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945

Qomariyah, R. S., Karimah, I., Masruro, Soleha, R., & Ferdiansyah, D. (2022). Problematika Kurangnya Media Pembelajaran Di Sd Tanjungsari Yang Berdampak Pada Ketidak Efektifan Pada Proses Penilaian. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 34(1), 22–36. Https://Doi.Org/10.21009/Parameter.341.04

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2019). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V6i2.12055

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-16