Pembelajaran Bahasa Arab Di MI Berbasis Multimedia

Bahasa Arab, Berbasis Multimedia, Pembelajaran

Penulis

  • Sapri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Aulia Khairani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Ayu Saniah Sihotang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Ayu Safira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Hani Oktarina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Indah Permata Sari Pasaribu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Nur Hasanah Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Kata Kunci:

Bahasa Arab, Berbasis Multimedia, Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab di MI berbasis multimedia. Pada penelitian ini kami meriset salah satu MI yang ada di Medan, yaitu SDIT Al-Fazhira. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi ke sekolah dan kelas, interview dengan guru, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendekatan pembelajaran Bahasa Arab berbasis multimedia di SDIT Al-Fazhira cenderung bersifat konvensional, dimana sudah ada pemanfaatan sumber daya dan teknologi modern, seperti infocus dan juga menggunakan laptop, dan media lain yang biasa digunakan oleh sekolah, yaitu masih berbasis menggunakan buku paket disetiap mata pelajaran yang ada. Dalam proses pembelajaran, guru juga menggunakan metode ceramah, menulis di papan tulis, lalu siswa mencatat dan menghafal dengan sistem yang sederhana. Media pembelajaran memiliki peran yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran Bahasa Arab berbasis multimedia di SDIT Al-Fazhira. Pada hasil penelitian ke lapangan dan \wawancara dengan guru metode yang sekarang digunakan mempermudah siswa-siswi untuk mempermudah ingatan dan mengasah keterampilan berpikir mereka.

Referensi

Binanto Iwan. MULTIMEDIA DIGITAL -DASAR TEORI DAN PENGEMBANGANNYA. (Yogyakarta: Andi, 2010). Hal 2.

Jarot s, Shenia A, dan Sudarma. CARA MUDAH MENGUASAI MS. POWER POINT 2007 DALAM SEMINGGU. (Jakarta Selatan: media kita, 2010).

M Angelina, & Hamdun, D. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TA ‘BĪR BERBASIS PERMAINAN UNO STACKO PADA SISWA MA IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 207-230.https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/almahara/article/view/2748

Rukimin, R. (2016, January). MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. IN PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN.

Setawan Andi. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. (Ponorogo: Uwais Inspirasi,2017). Hal: 1

Suardi Moh. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. (Yogyakarta:Deepublish, 2018). Hal 7

Sumiharsono Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. Media Pembelajaran. (Jawa Timur: Pustaka Abadi, 2017). Hal 9-10.

Diterbitkan

2024-01-12