Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Manusia Dalam Perspektif Islam
Faktor-Faktor, Perkembangan Manusia, Perspektif Islam
Kata Kunci:
Faktor-Faktor, Perkembangan Manusia, Perspektif IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor utama yang memengaruhi perkembangan manusia dalam perspektif Islam dengan menggali metode analisis literatur yang digunakan, serta menyajikan hasil dan kesimpulan yang relevan. Metode penelitian melibatkan pencarian dan analisis terhadap b erbagai sumber literatur Islam yang relevan, termasuk Al-Quran, Hadis, dan karya-karya ilmiah yang dikontribusikan oleh cendekiawan Muslim. Dalam konteks perkembangan manusia dalam perspektif Islam, penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor-faktor utama yang memainkan peran penting termasuk iman, pendidikan, lingkungan, dan pengembangan karakter. Iman, sebagai dasar spiritual, menjadi pendorong utama dalam membentuk perilaku dan moral individu. Pendidikan ditekankan sebagai alat untuk meningkatkan pengetahuan dan moralitas individu. Lingkungan sosial juga memiliki dampak signifikan pada perkembangan manusia dalam Islam. Interaksi dengan masyarakat yang mempromosikan nilai-nilai etika dan moral yang baik dapat membantu membentuk individu yang lebih baik. Selain itu, faktor-faktor internal seperti kemauan untuk berubah dan mengembangkan kesadaran diri juga ditemukan memiliki peran penting. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perkembangan manusia dalam perspektif Islam adalah proses yang holistik, yang melibatkan dimensi spiritual, intelektual, dan moral. Dengan memahami faktor-faktor ini, individu dan masyarakat dapat lebih efektif mengarahkan upaya mereka menuju perkembangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.
Referensi
Amini, M. (2020). pendidikan usia anak. jurnal buah hati, 108-124.
D.A.N.P.(2019).lingkungan pendidikan dalam perspektif,287-308.
Saw,M.(2022),fase perkembangan anak dan pola pembinaanya,12-15
Perdana,R.(2020).perkembangan kognitif dalam islam,82-99
Pendidikan islam,(2019).fase perkembangan manusia dalam pendidikan islam.jurnal AL-LIQO,1-14
Poerwanti. (2022).anak usia dini, 53-63
Syarifan Nurjan.(2019). perkembangan peserta didik perspektif islam.titah surga.
Ulfa,K.(2015). peran keluarga,123-140
Psikologi, T., & Alquran, D. (2018). Perkembangan Manusia Dalam. 1(01), 84–99.
Tarbiyah, S. (2022). Implementasi Pendidikan Anak Prenatal …. 28(November).
Yudiar, N. (2021). tahapan perkembangan manusia :perspektif islam,138-157
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tania Amara Br Pakpahan, Nabila Putri Andini, Nopita Ramadhani, Juni Sahla Nasution

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.