PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DAN IMPLEMENTASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

Penulis

  • Khairunnisa Simanjuntak Khairunnisa Simanjuntak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rizky Sari Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kata kunci: perkembangan kognitif, faktor perkembangan kognitif, implementasi

Abstrak

Perkembangan kognitif sendiri menjadi salah satu bagian terpenting dari proses perkembangan peserta didik. Kognitif merupakan istilah yang berasal dari kata cognition yang memiliki arti mengetahui. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep dasar perkembangan kognitif pada anak menurut beberapa teori yaitu teori Jean Piaget, Jerome Brunner, Ausuble, dan Vygotsky. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data bersifat studi Pustaka atau library research. Artinya dalam kajian ini peneliti mengumpulkan data melalui literatur tertulis atau sumber-sumber informasi dan berbagai data lainnya yang dapat menunjang penulisan artikel ini didalam kepustakaan. Penelitian ini memfokuskan pada implementasi perkembangan kognitif Jean Piaget dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dari teori Piaget dapat membantu para pendidik untuk memahami tahap dan karakteristik perkembangan kognitif peserta didik, yaitu dalam hal menentukan taraf kognitif dan memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.

 

Referensi

Ayu, Ni putu, dkk. 2021. Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Nilacakra.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublihs.

Daud, Muh., dkk. 2021. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Faridy, Faizatul. 2021. Mengapa Kamu, Nak?. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Hasanuddin. 2017. Biopsikologi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Banda Aceh: Unsyiah Press.

Husamah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Khadijah, Nurul Amelia. 2021. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana

Mardianto. 2019. Psikologi Pendidikan: Landasan Untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Mulyatingingsih, Rudi, dkk. 2006. Bimbingan Pribadi-Sosial, Belajar, dan Karier. Jakarta: PT Grasindo

Saripuddin, Aip Isnaeni Yuningsih Faujiah. 2020. Model Edutainment Dalam Pembelajaran PAUD. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Simatupang, Halim. 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi.

Soleh, M. 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana.

Suliswono, Dwi, dkk. 2018. Panduan Pelatihan Mobile & Cooperative Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Utamayasa, I Gede Dharma. 2021. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing

Uyun, M. dan Idi Warsah. 2021. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Bujuri, Dian Andesta. 2018. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar”. Literasi, Vol. 9, No. 1, https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720

Elena, Maria. 2016. Psikologi Kognitif Dalam Proses Kreatif. Jurnal Komunikasi Visual. Vol. V, No.01, https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FSD/article/view/374/340

Nuryati & Darsinah. 2021. “Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”, Jurnal Papeda, Vol 3, No 2, https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/asticle/view/1186.

Diterbitkan

2022-07-25