Pengaruh Efikasi Diri Siswa Terhadap Sikap Belajar Pendidikan Agama Islam
Efikasi Diri, Pendidikan, Pengaruh, Sikap Belajar
Kata Kunci:
Efikasi Diri, Pendidikan, Pengaruh, Sikap BelajarAbstrak
Penelitian dilakukan untuk mengukur efikasi diri siswa terhadap sikap belajar pendidikan agama islam kelas VII SMP Islam Terpadu Kota Medan. Dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sikap belajar siswa agar dapat meningkatkan efikasi diri (kepercayaan diri) siswa ketika proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII. Sampel yang diambil berdasarkan rumus Slovin yaitu 30 siswa sebagai responden dari jumlah populasi 103 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan melalui angket penelitian (skala likert). Hasil penelitian ini menunjukkan: Sikap belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII yang diperoleh sebesar 81,3% berada pada kriteria sangat tinggi. Efikasi diri siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII yang diperoleh sebesar 74% berada pada kriteria tinggi. Pengaruh yang signifikan antara efikasi diri siswa terhadap sikap belajar pendidikan agama islam.
Referensi
Aisyah, Siti. “Perkembangan Peserta Didik,” hlm. 92.
Andayani, Abdul Majid dan Dian. “Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam,” hlm.65–88.
As: Dewi, Cite, S Widiawati, U Anitra, and R Mertika. “Analisis Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS: Studi Kasus Di SD Negeri 38 Sengawang Hilir Kelas” Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) 3, no. 2 (2021):141 50. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse.
Azliyanti, Elfitra, Purbo Jadmiko, and Wiry Utami. “Peran Pemediasi Efikasi Diri Kreatif Pada Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kepemimpinan Transformasional Pada Kreativitas Karyawan.” Relevance: Journal of Management and Business 2, no. 2 (2019): 287–301. https://doi.org/10.22515/relevance.v2i2.1913.
Berbakat, Pertanyaan Siswa. “Pengaruh Kegiatan Proyek Kolaborasi Terhadap Efikasi Diri Dan Sikap Terhadap Penelitian Dan Pertanyaan Siswa Berbakat,” 2021.
Desiana, Nofi Eka. “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Divisi Sekretariat Dan Humas Pdam Surya Sembada Kota Surabaya).” Jurnal Ilmu Manajemen 7, no. 2 (2019).
Dilmaç, Sehran. “The Influence of Active Learning Provided By Distance Education on Academic Achievement, Self-Efficacy And Attitudes in Art Education.” Educational Policy Analysis and Strategic Research 16, no. 1 (2021): 194–209. https://doi.org/10.29329/epasr.2020.334.11.
Fathiyah, A M N. “Pengembangan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Efikasi Diri Peserta Didik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 2 (2021). https://doi.org/10.25299/al- thariqah.
Fida Laila Rahmayanti. “Pengaruh Self Efficacy (Keyakinan Diri) Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Siswa Kelas x Smk Pgri 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017,” 2017, 1–150.
Firmansyah, Iman, Mokh. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2019): hlm. 79–90.
Hawi, Dr. H. Akmal. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam,” 2014. Imaduddin, Muhammad, Jurnal Internasional, Penelitian Pendidikan, and
Muhammad Imaduddin. “Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek STEM Dalam Fun Cooking Activity Untuk Mempelajari Sistem Koloid,” 2020.
Jemudin, Frederik DE, Alberta P Makur, and Ferdinandus A Ali. “Hubungan Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smpn 6 Langke Rembong.” Journal of Honai Math 2, no. 1 (2019): 1–12. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.53.
Kapucu, Serkan, and Eralp Bahçivan. “High School Students’ Scientific Epistemological Beliefs, Self-Efficacy in Learning Physics and Attitudes toward Physics: A Structural Equation Model.” Research in Science and
Technological Education 33, no. 2 (2015): 252–67. https://doi.org/10.1080/02635143.2015.1039976.
Kosanke, Robert M. Pengaruh Self Efficacy (Keyakinan Diri) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat, 2019.
Krsmanovic, Masha, Thomas D. Cox, and Jamil D. Johnson. “Who Improves Most? The Differences in First-Year Students’ Learning Attitudes and Behaviors Measured by College Success Factor Index.” Journal of the Scholarship of Teaching and Learning 20, no. 2 (2020): 1–14. https://doi.org/10.14434/josotl.v20i2.27446.
Kurniawati, Yulita, Khairunnas Rajab, and Tohirin Tohirin. “Penguatan Karakter Islami Melalui Pelatihan Efikasi Diri Pada Siswa MTs N Di Pekanbaru.” Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi 2, no. 1 (2021): 37. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11751.
Kusumaningtias, Luluk. “Sikap Siswa Kelas Atas Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani,” 2017, hlm. 1–14.
Maulidiyah, R. “Pengaruh Efikasi Diri Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas 7 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTs Negeri 1 Sidoarjo,” 2021. http://digilib.uinsby.ac.id/47613/2/Rizkiyah Jihan Maulidiyah_D91217130.pdf.
Mufridah, Mufridah, Heris Hendriana, and Tuti Alawiyah. “Gambaran Sikap Belajar Positif Siswa Kelas Viii Di Smpn 3 Batujajar.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4, no. 2 (2021): 99. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i2.6323.
Muh Ekhsan Rifai, Triyono. “Efikasi Diri,” hlm. 27.
Muhaimin. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” 2012, hlm. 31–49. Muliawan. “Tinjauan Tentang Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti,” 2013. Munawati, Siti. “Program Studi Pendidikan Agama Islam.” Metodelogi Peniltian 5, no. 2 (2015): hlm. 15.
Rasyid, Anni. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Di SMP Negri 5 Palopo,” 2014, hlm. 139.
Retutas, Mildin Jeminez, and Marilyn Torela Rubio. “Multivariate Analysis on Performance in Statistics, Self-Efficacy and Attitudes of Senior High School Students.” JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education) 6, no. 4 (2021): 352–67. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i4.14368.
Rustika, I Made. “Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Studi, Program Fakultas, Psikologi Universitas, Kedokteran.” Buletin Psikologi 20, no. 1–2 (2016): hlm. 18–25.
Smp, D I, Negeri Siman, and Ponorogo Tahun. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Variasi Mengajar Guru Terhadap Sikap Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP,” 2021.
Sriyono, Heru. “Bimbingan Dan Konseling,” hlm. 24.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.
Syah, Rafa Nabila. “Hubungan Self Efficacy Dan Kemandirian Belajar Dengan
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Di SDN 3 Sukabaru Lampung Selatan.” Pendidikan, no. 8.5.2017 (2022): 2003–5.
Terjemah, Al-Qur`an dan. Kerjasama Pemerintah RI Dan Ara Saudi, 2004.
Umar, Mardan, and Feiby Ismail. “Buku Ajar Pendidikan Agama Islam (Konsep Dasar Bagi Mahasiswa Perguruan).” Penapersada, 2020. https://thesiscommons.org/8bqsv/download?format=pdf.
Ying-ngai, Siswa, Universitas Politeknik, Hong Kong, Departemen Teknik Mesin, Yat-sze Choy, Universitas Politeknik, Hong Kong, et al. “International Journal of Instruction Pengaruh Classroom Soundscape Terhadap Sikap Belajar Machine” 14 (2021).
ZORLU, Sinan, and Gülsen ÜNVER. “Predictive Roles of Self-Regulatory Learning Strategies and Self-Efficacy Beliefs on English Language Learning Achievement.” Turkish Journal of Education 11, no. 2 (2022): 74–92. https://doi.org/10.19128/turje.841709.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anggun Syahriani Putri, Rikinaldi Hasibuan, Ilham Sanjaya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.