Analisis Penerapan Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa

Akidah Akhlak, Karakter Religius, Penerapan

Penulis

  • Rizki Arief Efendi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Indrawani Pohan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Kata Kunci:

Akidah Akhlak, Karakter Religius, Penerapan

Abstrak

Studi kasus ini berawal dari kesadaran pentingnya penerapan akidah akhlak dalam membentuk dan mengembangkan karakter religius siswa terutama di madrasah aliah negri 3 medan, karna dengan penerapan akidah aklah ini dapat membuat para siswa sadar bahwa setiap bentuk perila menjadi tanggung jawab setiap pribadi masing – masing. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak, implementasi dari pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius siswa, faktor pendukung dan penghambat serta solusi yang dihadapi selama proses pelaksanaan dan implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode pengolahan dan analisis data lapangan.Hasil penelitian menemukan bahwa : Implementasi kurikulum Akidah Akhlak di MAN 3 Medan berhasil dilaksanakan sesuai dengan kurikulum, yang didasarkan pada analisis RPP yang digunakan di sekolah untuk mengevaluasi pekerjaan rumah, inti, dan kegiatan penutup. Pelaksanaan program pendidikan bahasa Akhlak di MAN 3 Medan  dapat diverifikasi dengan evaluasi atau penilaian. Salah satu titik lemah dalam pelaksanaan program pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Medan adalah tidak terlaksana dengan baik akibat ulah guru. Di sisi lain, salah satu faktor penyebabnya adalah ada beberapa siswa yang tidak disiplin seperti yang lain di kelas dan beberapa siswa yang lebih mandiri dalam pekerjaannya.

Referensi

Akmal dan Masyhuri. 2020. Konsep Syukur (Gratefulnes). Jurnal dan Pendidikan Islam. Vol.7, No. 3.

Aminuddin, Aliaras Wahid, dkk. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anwar, Rosihon. 2008. Akidah Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.

Arif, Moh. 2013. Membangun Kepribadian Muslim Melalui Takwa dan Jihad. Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, Vol. 7, No. 2.

Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 10 No. 1.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data.Jakarta: Rajawali Pers.

File Dokumen “Profil Madrasah MAN 1 Malang”. Malang: man_gondanglegi@mandagi.sch.id.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bndung: Alfabeta.

Hasiah. 2013. Peranan Ikhlas dalam Perspektif Islam. Jurnal Darul ‘Ilmi, Vol. 01, No. 02. Hidayat, Nur. 2015. Akidah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa.Surakarta: Yuma Pustaka.

I’anah, Nur. 2017. Birr Al-Walidain; Konsep Relasi Orang Tua dan Anak dalam Islam. Buletin Psikologi, Vol. 25, No. 2.

Johansyah. 2011. Pendidikan Karakter dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. XI, No. 1.

Mahbubi. 2012. Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.

Mahfudz, Dawam. Dkk. 2015. Pengaruh Ketaatan beribadah Terhadap kesehatan Mental Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 35, No.1.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Masruroh, Latifatul. 2016. Pendidikan Karakter: Perspektif Surat Luqman ayat 12-19 dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.

Maunah, Binti. 2009. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Yogyakarta: TERAS.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Rozak, Purnama. 2017. Indikator Tawadhu dalam Keseharian. Jurnal Madaniyah. Vol. 1, No.12.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Vol. II No. 2.

Suyadi, 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Syofrianisda. 2017. Konsep Sabar dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Mewujudkan

Kesehatan Mental. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 1.

Diterbitkan

2023-11-12