Pengaruh Metodologi Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Bidang Pendidikan Agama Islam
Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, PBI
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, PBIAbstrak
Studi kasus ini berawal dari rendahnya hasil belajar kognitif siswa di sekolah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Salah satu penyebabnya dikarenakan cara menjelaskan membosankan Melihat kurangnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka peneliti ingin memberikan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kasus ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana hasil belajar siswa seelah belajar menggunakan metodologi pembelajaran Problem Based Intruction (PBI). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pendekatan Kuantitatif serta menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment, atau biasa disebut dengan Eksperimen Semu. Uji test yang digunakan dalam penelitian ini berupa test pree-test dan test post-test berupa pilihan berganda yang telah divalidasi oleh 2 orang validator, dengan hasil presentase validasi soal post-test mendapatkan hasil 94,54%, sementara hasil presentase validasi soal pree-test mendapatkan hasil 92,72%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Intruction terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX SMA Negeri 7 Medan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Hasil belajar melalui ranah kognitif siswa dengan pree-test dan post-test dapat dilihat nilai variable PBI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX SMA Negeri 7 Medan, berpengaruh dengan nilai sig. 3,88.
Referensi
Afandi, F. (2020). Statistika Ekonomi. Panyabungan: Madina Publisher.
Dalyono. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cifta
Firmansyah, Iman, Mokh. Pendidikan Agama Islam, Pengertian, tujuan, Dasar dan Fungsi. Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 17, No 2, (2019):83
Harahap Berlian Ita. (2016). “Penerapan Model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasa Program Linear di Kelas X Tehnik Komputer dan Jaringan SMK 1 Portiwi”. Skripsi FTIK: Institut Agama Islam Negeri Padang Sidimpuan.
Heryana,A. Hipotesis Penelitian. Eureka Pendidikan. June,1. https:strip//doi.org/10.13140/rg.2.11440.17927 (2014)
Hulaimi Ahmad. Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dalam Meningkatakan Hasil Belajar (Pendekatan Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Islam).Jurnal Penelitian Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial. 6(2),2685-256X(2021)48
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inopativ. Medan: Media persada
Lubis Jenni. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Probem Based Instruction) Terhadap Keaktipan Belajar Matematika Pada Pokok Bahasa Logika Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sayur Matinggi”. Skripsi FTIK: Institut Agama Islam Negeri Padang Sidimpuan
Nafiati, D. A. (2021). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Psikomotorik. Humanika, 21(2).
Nasution S. (2018). Berbasis Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar (Nasution S, Ed.). PT. Bina Aksara.
Nasution, S. (2018). Berbasis Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bina Aksara
Nursyamsiah. Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Prestasi Belajar IPS Kompetensi Mengenal Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar,1(1),2579-6194;(2017)47
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Pelajar
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta cv
Sukmadinata Syaodih. (2018). Perkembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syah Muhibbin. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Parsada
Syaodih, S. (2018). Perkembangan Kurikulum Teori dan Praktek (S. Syaodih, Ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatip-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Gruop
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Loli Asmitasari Manik, Aisyah Bancin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.