Upaya Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Pada Anak Pecandu Gadget Di Desa Laut Dendang
Kemampuan, Membaca Al-Qur’an, Tajwid
Kata Kunci:
Kemampuan, Membaca Al-Qur’an, TajwidAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan akhlak pada anak pecandu gadget di Desa Laut Dendang. Pertanyaan yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah (a) Bagaimana intensitas penggunaan gadget pada anak di Desa Laut Dendang, (b) Bagaimana upaya orang tua dalam pembinaan akhlak pada anak di Desa Laut Dendang, (c) Apa problematika orang tua dalam pembinaan akhlak pada anak di Desa Laut Dendang, (d) Bagaimana solusi dari problematika Orang Tua dalam pembinaan akhlak pada anaknya, untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam melaksanakan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian tersebut menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata lisan dari orang tua dan perilaku yang dapat diamati. Adapun subjek penelitian tersebut yaitu orang tua dan anak. Sedangkan objeknya yaitu Upaya Orang Tua dalam pembinaan akhlak. Penulis menggunakan cara wawancara dan observasi. Adapun dalam proses pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis data yang didapatkan bahwa intensitas penggunaan gadget pada anak sudah dikategorikan kecanduan. Anak bermain gadget rata-rata dalam satu hari 4 sampai 5 kali. Pembinaan akhlak terhadap anak yaitu bahwa orang tua membina anaknya dengan yang utama orang tua memberikan contoh akhlak yang baik. Problematika pembinaan akhlak dari orang tua kurangnya waktu luang untuk memperhatikan kegiatan anak. Solusi dari problematika Orang Tua dalam pembinaan akhlak pada anaknya yaitu luangkan waktu walaupun sedikit disetiap harinya untuk memperhatikan dan mengontrol kegiatan anak agar anak tetap mendapat perhatian dari Orang Tua.
Referensi
Ahid, Nur. 2010. Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aminuddin dkk. 2005. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: ghalia Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Ilmu.
Asmaran. 2002. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Basuki, Ismet. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bungin, Burhan. 2010. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Guru Dan Anak Dalam Islam Edukatif. Jakarta: PTRineka Cipta.
Harmaini. 2013. Jurnal Psikologis: Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Riau Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Iswidharmanjaya, Derry. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.
Kasiram, Moh. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Malang: UIN Maliki Press.
Luthfiah, Zeni, dkk. 2011. Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Yuma Pressindo.
Moloeng, J.Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslih dkk. 2008. Peranan Pendidikan Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Ngatini, Lestari. 2010. Pendidikan Islam Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahra, R. 2006. Informatika Sosial Peluang Dan Tantangan. Bandung.
Tafsir, Ahmad. 2002. Pendidikan Agama Dalam Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thoha, chabib. 2004. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Khairun Nikmah, Mei Sandi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.