Analisis Kemampuan Membaca Qur’an Berdasarkan Tajwid

Kemampuan, Membaca Al-Qur’an, Tajwid

Penulis

  • Nursamsiah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Risa Wulandari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Kata Kunci:

Kemampuan, Membaca Al-Qur’an, Tajwid

Abstrak

Membaca Al-Qur‟an merupakan salah satu kegiatan yang bernilai ibadah, dimana setiap hurufnya diberikan pahala berlipat ganda bagi yang membacanya. Tentunya dalam membaca Al-Qur‟an seseorang harus memperhatikan bacaanya sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya. Kemampuan membaca Al-Qur‟an merupakan keterampilan dalam membaca ayat demi ayat, kalimat demi kalimat sesuai dengan kaidah ilmu tajwod dan terhindar dari kesalahan-kesalahan. Untuk itu dalam membaca Al-Qur‟an harus memperhatikan hukum bacaan dan tajwidnya agar ayat yang dibaca baik dan benar. Tujuan pelaksanaan penelitian ini sebagai berikut :1). Untuk mengetahui pengetahuan ilmu tajwid siswa dalam membaca Al-Qur‟an 2). Untuk mengetahui kesulitan yang sering dialami siswa dalam membaca Al-Qur‟an dan 3). Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan data deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1). Pengetahuan ilmu tajwid siswa kelas VII MTs Nahdhatul Wathan (NW) Rumbuk dalam membaca Al-Qur‟an rata- rata sudah baik dan bagus berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru maupun siswa. 2). Kesulitan yang sering dialami siswa dalam membaca Al-Qur‟an yaitu dari segi makhraj yaitu pengucapan setiap huruf, sifat-sifat huruf, panjang pendeknya bacaan dan hukum bacaannya. 3). Upaya guru dalam mengatasi kesulitas membaca Al- Qur‟an siswa yaitu menggunakan metode tahsin, menggunakan metode pembiasaan, dan menggunakan metode menyimak.

Referensi

Abdurohim, Lim Acep. 2003. Pelajaran Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: Diponegoro

Ali, Muhammad. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Departemen Agama R.I. 2003. Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam

Departemen Agama RI. 1976-1977. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an

Drajat, Zakiyah . 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Masyhadi, Imam. 2007. Pembimbing ke Arah Kesempurnaan Ilmu Tajwid. Jakarta Timur:

Jamiyatul Qurro’ Wal Huffadz Wilayah

Munawwir Warson, Ahmad. 2001. Kamus Arab Indonesia. Yogyakarta: Unit Pengadaan Buku-Buku Ilmiah Keagamaan Pondok Pesantren “Al-Munawwir” Krapyak

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nata, Abbuddin. 2012. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Poerwadarminta W.J.S. 1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka Shihab Quraish. 1998. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i atas berbagai Persoalan Umat . Bandung: Mizan

Soenarto, Ahmad. 1988. Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap. Jakarta: Bintang Terang

Syafi’i A, .Mas’ud. 1957. Pelajaran Tajwid. Semarang: M.G

Zakaryya, Al-Kandahlawi dan Muhammad Maulana. 2001. Fadhilah Qur’an.

Diterbitkan

2023-11-01