Analisis Nilai Pendidikan Islam Dalam Buku Kiai Ujang Di Negeri Kanguru Karya Nadirsyah Hosen

Pendidikan Islam, Negeri Kangguru, Nadirsyah Hosen

Penulis

  • Haris Purwanto Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Fitriana Silalahi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, Negeri Kangguru, Nadirsyah Hosen

Abstrak

Nilai-nilai pendidikan Islam dalam diri manusia mulai terkikis seiring masuknya arus globalisasi dan menyebabkan ajaran agama Islam tidak lagi dijadikan sebagai pedoman hidup oleh mereka. Melihat hal tersebut, nilai-nilai pendidikan Islam sangat perlu diterapkan lagi dalam dunia pendidikan agar calon generasi bangsa memiliki pondasi atau pegangan yang kuat untuk menghadapi tantangan-tantangan dari perkembangan arus globalisasi yang semakin harisemakin banyak dampak negatifnya jika tidak disikapi dengan cermat. Penerapan nilai-nilai pendidikan Islam dalam dunia pendidikan dapat dilakukan dengan banyak sarana dan alat. Seperti contoh dengan mengadakan kegiatan-kegiatan Islami dan penyampaian materi saat proses pembelajaran menggunakan berbagai media di kelas. Salah satu media yang paling banyak digunakan pada saat proses pembelajaran adalah buku. Fokus dari penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Kiai Ujang di Negeri Kanguru karya Nadirsyah Hosen dan relevansi isi buku tersebut terhadap materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat SMP. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Kiai Ujang di Negeri Kanguru diantaranya adalah: (1) Nilai i’tiqodiyah atau aqidah, (2) Nilai khuluqiyah atau akhlaq, (3) Nilai amaliyah yang terdiri dari nilai ibadah dan muamalah. Selain itu juga banyak ditemukan relevansi antara buku Kiai Ujang di Negeri Kanguru dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat SMP, baik dari kelas VII sampai kelas IX.

Referensi

Achmadi, 2005. Ideologi Pendidikan Islam Paradikma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Tafsir, 2000. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Amirul Huda dan Haryono, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Chabib Toha, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cholil Uman, 1998. Ikhtisar Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya: Duta Aksara.

Lexy J. Moleong, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Arifin, 2004. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Muhaimin, 2004. Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT Rosdakarya.

Muhaimin dan Abdul Majid, 2005. Kawasan dan wawasan studi Islam, Jakarta: Prenada Media.

Rahmat Hidayat, Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia”, Medan: Lembaga Peduli Penegmbangan Pendidikan Indonesia, 2016.

Rois Mahfud, 2011. Al-Islam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Erlangga.

Sabar Budi Raharjo, Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, No 3, Mei 2010.

Sahilun A. Nasir, 2002. Peran Pendidikan Agama Terhadap Pemecahan Problem Remaja, Jakarta: Kalam Mulia.

Siswantoro, 2010. Metode Penelitian Sastra, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Yusuf Qardawi, 2007. Konsep Ibadah Dalam Islam, Jakarta: Central Media.

Zainudin, 1991. Seluk Beluk Pendidikan dari AL Ghazali, Jakarta: Bina Askara.

Zanudin Ar dan Hasanudin sinaga, 2004 Pengantar studi akhlak, Jakarta: Rajawali.

Diterbitkan

2023-11-01