Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa
Guru Pendidikan Agama Islam, Kreativitas Guru, Prestasi Belajar
Kata Kunci:
Guru Pendidikan Agama Islam, Kreativitas Guru, Prestasi BelajarAbstrak
Pendidikan agama merupakan ruh bagi mata pelajaran lainnya, tetapi permasalahannya sekarang pendidikan Agama Islam kurang diminati oleh peserta didik dikarenakan mereka lebih mengutamakan pengetahuan umum. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka kreativitas guru sangat diperlukan guna menumbuhkan, meningkatkan dan mengelola suasana belajar sehingga akan berpengaruh positif pada prestasi belajar siswa. Yang mana untuk prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor baik dari dalam diri siswa itu sendiri maupun dari luar. Berdasarkan latarbelakang masalah di atas, maka penulis mengangkat permasalahan tentang Pengaruh Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut: Bagaimanakah kreativitas guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan, bagaimanakah prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan, dan adakah pengaruh kreativitas guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Dengan hipotesis yang diajukan: Ha: Ada pengaruh antara pengaruh kreativitas guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan, Ho : Tidak ada pengaruh antara kreativitas guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi dengan jumlah sampel 104 yang diambil 15% dari populasi 705 siswa. Dan dari hasil angket maka data dianalisis dengan menggunakan dua tekhnik analisa yaitu: pertama analisa prosentase untuk jenis data kualitatif, Kedua menggunakan tekhnik analisa korelasi dengan menggunakan rumus product moment.
Referensi
Abu Hamid Al-ghazali, 1979. Ihya’ Ulumuddin, Ismail Ya’qub, Faizin.
Ahmad Tafsir, 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif islam (Bandung: Remaja Rosdakarya.
Az-Zarnuji, Ta'lumul Muta'alim Surabaya: Maktabah-Maktabah Muhammad bin Nabhan wa Auladuhu tt.
Moh Uzer Usman, 1995. Menjadi guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto, 1991. Belajar dan Faktor- faktor yang mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, 1998. Prosedur Penelitian suatu Penekanan Praktek, Yokyakarta: Rineka Cipta.
Suryami Suryabrata, 2002. Psikologi Pendidikan Jakarta: UGM Gravindo Persada.
Zakiyah Darajat, 1992. Ilmu Pendidikan Islam Jakarta:Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Khairun Nikmah, Mei Sandi Pasaribu

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.