Integrasi Keilmuan Pada Lembaga Pendidikan Islam
Integrasi, Lembaga Pendidikan Islam, Ilmiah
Kata Kunci:
Integrasi, Lembaga Pendidikan Islam, IlmiahAbstrak
Keadaan pendidikan di dunia Islam abad-abad terakhir bahkan sampai sekarang masih sangat buruk, karena dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya: masyarakat telah terkondisikan oleh agenda kolonialis untuk acuh tak acuh terhadap Islam dan pembinaan generasinya, dan pemerintah juga telah mengambil sikap dan keputusan yang senada dengan yang telah diterapkan oleh kolonialis, yaitu; mereka hanya memutuskan untuk mendanai lembaga-lembaga pendidikan yang mereka kategorikan modern, sedangkan lembaga pendidikan yang mereka kategorikan kurikulumnya sebagai kurikulum Islam, pemerintah tidak bersedia mendanainya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji terkait Integrasi Keilmuan pada Lembaga Pendidikan Islam dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Integrasi keilmuan yang dibangun berlandaskan akidah Islam akan membawa Amanah pada setiap pelajaran dan metodologinya disusun selaras dengan asas akidah Islam pula.
Referensi
Astuti, A. 2019. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Ahmad, N., & Lubis, F. (1995). INDONESIAN JOURNAL FOR ISLAMIC STUDIES STUD lA ISL. 2(1).
Djamas, N., Moenawar, M. G., & Purnama, T. S. (2021). Islam lintas disiplin ilmu. 92.
Faishal. (2017). Integrasi Ilmu Dalam Pendidikan. Ta’dibi : Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, VI(2), 104–123. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/6
Fitri, A. Z., Indarti, L., & Nafis, M. M. (2020). Model Pendekatan Multi-Inter-Transdisipliner dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum KKNI. Akademia Pustaka.
FKIP, P. S. P. E. (2015). Pendidikan Transformatif dan Tantangan Masa Depan Bangsa. In Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi. https://www.pdfdrive.com/pendidikan-transformatif-dan-tantangan-masa-depan-bangsa-d58611068.html
Gumiandari, S., & Amalia, I. A. (2018). Nalar Integrasi Keilmuan di Perguruan Tinggi Keagamaan.
Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue April).
Idris, S., & Ramly, F. (2016). Dimensi Filsafat Ilmu dalam Diskursus Integrasi Ilmu (Issue November).
Khalik, I. (2021). Jurnal literasiologi 1. J.Literasiologi, 7(1), 1–19.
Manshur, F. M. (2019). Kajian Teori Formalisme Dan Strukturalisme. SASDAYA: Gadjah Mada Journal of Humanities, 3(1), 79. https://doi.org/10.22146/sasdayajournal.43888
Maulamin, T. (2020). Islamic Worldviews On Corporate Social Responsibility A New Paradigm of Ethical Economics and Prosperity. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 58–70. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.826
Millah, S., & Machali, I. (2013). Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Pesantren: Studi pada Al-Ma’had Al-Aly Pondok Pesantren Situbondo, al-Munawwir Krapyak dan Wahid Hasyim Sleman. Jurnal An Nur, 5(2), 262–289.
Miswari. (2016). Filsafat Terakhir : Evaluasi Filsafat Sepanjang Masa. Unimal Press.
Muhbib, O., & Wahab, A. (1964). Integrasi Epistemologi Ilmu-Ilmu Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 1–24. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29070/3/MUHBIB ABDUL WAHAB - FITK.pdf
Mujiburrahman, Rusydi, M., & Musyarrafah. (2018). Integrasi Ilmu : Kebijakan dan Penerapannya dalam Pembelajaran dan Penelitian di Beberapa Universitas Islam Negeri. UIN Suska, 1–8.
Nasiruddin. (2016). Integrasi Sains Dan Agama Dalam Pendidikan Islam. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(2), 171. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(2).171-188
Riyanto, W. F. (2013). Pengembangan kurikulum ilmu-ilmu keislaman di PTAI. Forum Tarbiyah, 11(2), 137–170.
Sagala, R., Rismayani, Azis, T. N., Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., Syazali, M., Puspita, A. E. F. P., Supardi, U., & Pd, D. M. (2019). Pendidikan Spiritual Keagamaan (Dalam Teori dan Praktik). Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 91. explainer video, efektif, hasil belajar IPS, media pembelajaran
Sudrajat, A., & dkk. (2016). Dinul Islam Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. In Dinul Islam. unypress.yogyakarta@gmail.com
Suradi, A., & Ag, M. (2022). Pendidikan Islam & Multikultural. Pustaka Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Agung Sihotang, Reskina Cahaya Mulia Hairani L

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.