Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Profesionallsme Guru
Manajemen Pendidikan, Pendidikan Islam, Profesionalisme Guru
Kata Kunci:
Manajemen Pendidikan, Pendidikan Islam, Profesionalisme GuruAbstrak
Abstrak, Guru merupakan faktor terpenting dalam Pendidikan. Salah satu cara peningkatan kompetensi guru di sekolah adalah penataan pendidikan Islam yang membantu mengembangkan keterampilan pendidik lebih lanjut. Kajian ini bermaksud menunjukkan bagaimana organisasi-organisasi pendidikan Islam telah mengangkat keterampilan instruktur yang luar biasa. Metode penelitian yang idgunakan yaitu menggunakan metode penelitian studi Pustaka, dimana data didapatkan dari buku, jurnal internet dan semua data yang dapat memenuhi temuan penelitian. Setelah mengumpulkan, menyajikan, dan mengevaluasi data, ditemukan bahwa dua faktor—upaya guru dan keterlibatan lembaga pendidikan—dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru. Kompetensi pedagogis, personal, sosial, dan profesional adalah empat bidang yang diupayakan guru untuk menjadi lebih kompeten. Mutu pendidikan telah diupayakan untuk ditingkatkan dalam banyak hal, mulai dari pengadaan sarana dan prasarana, kurikulum, pembelian bahan ajar, penyempurnaan prosedur penilaian, dan salah satunya adalah kualitas sumber daya manusia. apakah membuat guru lebih kompeten di semua tingkatan sekolah diperlukan untuk menjadikan mereka profesional.
Referensi
Astuti, A. 2019. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Cecep, H., Subakti, H., Nurtanto, M., Purba, S., Hasan, M., Sakirman, R., Mulyadi, D., Muntu, D. L., Kato, I., & Karwanto, K. 2021. Manajemen Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Dakhi, Y. 2016. “Implementasi POAC terhadap Kegiatan Organisasi dalam Mencapai Tujuan Tertentu”. Warta Dharmawangsa, 50.
Duryat, H. M. 2021. Islam Majemuk; Pengejawantahan Pendidikan, Interpretasi dan Model Islam Keindonesiaan. Penerbit K-Media.
Fadli, M. R. 2021. “Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum” 21(1), 33–54.
Fauzi, F. 2020. “Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis”. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 109–128.
Hakim, M. N. 2016. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq”: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 104–114.
Hidayah, N. (2022). “Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Swasta Berbasis Moderasi Beragama”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).
Jamin, H. 2018. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru”. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.
Kurniawati, E. 2019. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di smp it Darussalam Sragen”. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 7.
Limbong, I. E. 2021. “Aspek Finansial Pendidikan Islam”. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (Jurkam), 1(3), 147–154.
Maarif, M. S., & Kartika, L. 2021. Manajemen kinerja sumber daya manusia. PT Penerbit IPB Press.
Mufti, U., Fauzi, H. N., & Perawironegoro, D. 2019. “Implementasi Manajemen Pengetahuan Islam di Sekolah Muhammadiyah”. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 181–187.
Mulyati, M. 2017. “Perspektif Baru Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Pendidikan Berkualitas”. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 153–166.
Muntaqo, R., & al Halim, A. A. 2017. “Peningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Budaya Organisasi Di Madrasah Aliyah Ali Maksum” Yogyakarta. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 1(1).
Mustari, M. (2022). Administrasi dan Manajemen Pendidikan Sekolah. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Octavia, S. A. 2019. Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.
Pananrangi, H. A. R., & SH, M. P. 2017. Manajemen Pendidikan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Pratiwi, H., Kom, S., & TI, M. (2019). Komitmen Mengajar. Penerbit Andi.
Rohmad, M. A. 2022. Menjadi Guru Berwibawa di Era Merdeka Belajar. CV Literasi Nusantara Abadi.
Safitri, D., & Sos, S. 2019. Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.
Siregar, A. Z., & Harahap, N. 2019. Strategi dan teknik penulisan karya tulis ilmiah dan publikasi. Deepublish.
Suminar, W. 2018. “Manajemen peserta didik untuk meningkatkan prestasi siswa pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pacitan”. Muslim Heritage, 2(2), 389–406.
Syarnubi, S. 2019. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan”. Tadrib, 5(1), 87–103.
Wahyudin, H. U. R., & MM, M. P. 2021. Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas). Deepublish.
Widiatna, A. D. 2019. Teaching factory: arah baru manajemen sekolah menengah kejuruan di Indonesia. Pustaka Kaji.
Wijaya, I. 2018. Professional teacher: menjadi guru profesional. CV Jejak (Jejak Publisher).
Yunus, M. 2016. “Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu Pendidikan”. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112–128.
Zakaria, D. 2022. “Profesionalisme Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 1 Momalia Bolaang Mongondow Selatan”. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 7(1), 103–122.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wahidah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.