PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN AL-QURAN GURU DI MTs SWASTA TERPADU MUTIARA HIKMAH HESSA PERLOMPONGAN
Kata Kunci:
Kata Kunci: Manajemen, Kepala Madrasah, Tahsin Al-QuranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kepala madrasah dalam program tahsin Al-Quran guru di MTs Swasta Terpadu Mutiara Hikmah Hessa Perlompongan.
Untuk memperoleh data-data penelitian, digunakan metode kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data dan verification atau menarik kesimpulan.
Adapun hasil temuan penelitian diantaranya adalah sebagai berikut, perencanaan kepala madrasah dalam program tahsin Al-Quran guru di MTs Swasta Terpadu Mutiara Hikmah Hessa Perlompongan dilakukan dengan menentukan tujuan dari program tahsin Al-Quran guru, menentukan materi tahsin Al-Quran yang akan dipelajari, serta menentukan jadwal pelaksanaan program tahsin Al-Quran guru. Pengorganisasian kepala madrasah dalam program tahsin Al-Quran guru di MTs Swasta Terpadu Mutiara Hikmah Hessa Perlompongan dilakukan dengan membentuk beberapa kelompok yang disebut dengan halaqah dan menugaskan satu orang guru sebagai pembimbing untuk masing-masing halaqah. Dalam pelaksanaanya, program tahsin Al-Quran guru menggunakan metode qiro’ati. Pengawasan kepala madrasah dalam program tahsin Al-Quran guru di MTs Swasta Terpadu Mutiara Hikmah Hessa Perlompongan dilakukan dengan mengevaluasi secara langsung bacaan Al-Quran guru pada saat praktik membaca Al-Quran. Selain itu kepala madrasah juga melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi yang dilakukan dengan memaksimalkan kegiata tahsin Al-Quran pada halaqah secara online.
Sehubungan dengan hasil penelitian mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan kepala madrasah dalam program tahsin Al-Quran guru sudah dilakukan dengan baik dan dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran. Maka dari itu hasil penelitian ini direkomendasikan untuk menjadi contoh/rujukan pada madrasah lainnya dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Quran guru.
Referensi
Abas, Erjati. Magnet Kepemmpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.
Aditama, Roni Angger. Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi, Malang: AE Publishg, 2020.Asari, Hasan. Hadis-Hadis Pendidikan: Sebuah Penelusuran Akar-akar Ilmu Pendidikan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2020.
Dahwadin dan Farhan Sifa Nugraha. Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jawat Tengah: Mangku Bumi Media, 2019.
Departemen Agama RI, Al-Quran dan Tafsirnya, Jakarta: Departemen Agama RI, 2008.
Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya, Bandung: Sygma Examedia Arkanleema, 2009.
Duryat, Masduki. Pendidikan Islam dan Logika Interpretasi, Yogyakarta: K-Media, 2017.
Ermawati. H, Elli. “Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Muhammadiyah Pattongko Desa Pattongko Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai”, Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar, 2017.
Farizqi, Fiqh Kautsar. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di SDN Mulyorejo 1 Malang”, Skripsi Fakultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim, 2018.
Kristiawan, Muhammad et. al., Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Deepublish, 2017
Mahdali, Fitriyah, Analisis Kemaampuan Membaca Al-Quran dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan, Jurnal Studi Al-Quran dan Hadits, 2020, 2 (2).
Muhammad Syaid Ambiya, et. al., Manajemen kepala Madrasah, Yogyakarta: K-Media, 2021.
Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2009.
Subagio, Toyib. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Guru Pada Era New Normal di SD Negeri 3 Bandar Agung, Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, 2021, 10 (1).
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Sumarji dan Rahmatullah. Inovasi Pembelajaran Al-Quran, Jurnal Pendidikan Islam, 2018, 7 (1).
Suwarno, Suparjo Adi. Manajemen Pendidkan Islam: Teori, Konsep, dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jawa Barat: Penerbit Adab, 2021.
Yuningsih, Yuyun. “Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong”, Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIN Curup, 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ella Ardila, Ibrahim Sirait

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.