Analysis Students Difficulties In Listening Music

Faktor, Kesulitan Menyimak, Kosakata

Authors

  • Dewi Fatriana Lubis Universitas Asahan
  • Sonia Elfiata Universitas Asahan
  • M. Nurul Sumar Azhar Universitas Asahan
  • Aprilia Sagita Universitas Asahan
  • Putri Balqish Universitas Asahan
  • Sindy Purnama Sari Universitas Asahan

Keywords:

Faktor, Kesulitan Menyimak, Kosakata

Abstract

Artikel ini membahas kesulitan yang ditemukan pada siswa kelas XI SMA IT Daar Al Ulum Kisaran pada saat pelajaran bahasa Inggris. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengindetifikasi kesulitan yang dihadapi siswa kelas XI SMA IT Daar Al Ulum Kisaran tahun 2022/2023 yang merupakan sasaran dari penelitian pada keterampilan menyimak (listening). Ada 14 siswa yang menjadi subjek di dalam penelitian ini. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode kualitatif deskriptif. Pada metode penelitian ini data dikumpulkan melalui hasil tes, wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini menggunakan musik sebagai media yang digunakan untuk menganalisis kesulitan siswa. Hasil penelitian yang ditemukan adalah 4 dari 14 siswa yang diwawancarai memiliki kesulitan dalam menyimak (listening) karena kosakata yang mereka dengarkan tidak familier atau belum pernah mereka dengarkan sama sekali. Mereka mengakui bahwa mereka juga memiliki keterbatasan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris sehingga sulit bagi mereka untuk dapat memprediksi apa yang mereka dengarkan dan sangat kesulitan dalam mencocokkan kosakata yang dapat disesuaikan dengan tes yang diberikan. Beberapa faktor lainnya adalah siswa memiliki keterbatasan waktu dalam mendalami pembelajaran bahasa Inggris khususnya pada praktek menyimak. Selain itu penguasaan kosakata (vocabulary) juga merupakan faktor utama yang menghambat siswa dalam mengembangkan kemampuan menyimak (listening). Adapun faktor lainnya adalah disebabkan oleh faktor lingkungan yang tidak membiasakan menggunakan bahasa Inggris pada kehidupan sehari-hari.

References

Adnan, A. (2012). PENGAJARAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS: MASALAH DAN SOLUSINYA Aryuliva Adnan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP. Jurnal Bahasa Dan Sastra Inggris FBS UNP, 6, 1–9.

Alfred, H. (2013). Proses Mendengarkan Antara Mentor dan Pasien Pengidap Skizofrenia (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal). Jurnal E-Komunikasi, 1(1), 1–11. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/118%0Ahttp://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/118/65

Dewi Kurniawati. (2015). Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Menyimak Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Semester III PBI IAIN Raden Intan Lampung Tahun Pelajaran. PBI IAIN Raden Intan, 8(1), 22.

Ircham, M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Bidang Kesehatan, Kebidanan, Kedokteran. Revisi 202. Fitramaya.

Novia. (2017). Keterampilan Menyimak. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 1–21.

Perpustakaan.UNS.ac.id. (2019). Dampak globalisasi terhadap perkembangan ekonomi dunia. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7–33.

Rahmadi Islam. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. مجلة اسيوط للدراسات البيئة, العدد الحا(3), 1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

Schulz, R. A. (1984). Language Acquisition and Syllabus Design: The Need for a Broad Perspective. Adfl, 1–7. https://doi.org/10.1632/adfl.15.3.1

Setiawati, L. (2014). Hakikat Menyimak. Modul, 14. https://core.ac.uk/reader/198234637

Siregar, M. R. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Media Wayang Kartun Binatang Pada Siswa Kelas V SD Negeri Cidadap 01 Tahun Pelajaran 2013/2014. Repository.Ump, 1–36.

Downloads

Published

2023-08-12