Analysis of student's errors in writing simple present tense
Kesalahan, Simple Present Tense, Tulisan
Keywords:
Kesalahan, Simple Present Tense, TulisanAbstract
Simple present tense adalah salah satu tenses paling kompleks dalam bahasa Inggris. Karena perbedaan pola antara bahasa ibu siswa dan bahasa Inggris sebagai bahasa target, siswa sering membuat kesalahan dalam membuat kalimat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan apa yang paling sering muncul ketika siswa menggunakan Simple Present Tense dalam menulis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dipadukan dengan metodologi analisis kesalahan menggunakan Surface Strategy Taxonomy. Partisipan penelitian adalah 30 siswa kelas VIII-A SMP Swasta Muhammadiyah 22 Kisaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan Ommission sebanyak 35,30%. Kesalahan terbanyak kedua yang muncul pada tulisan siswa simple present tense adalah kesalahan penambahan sebanyak 29,41% yang jumlahnya tidak jauh berbeda dengan kesalahan pembentukan sebanyak 23,53%. Jenis kesalahan yang paling sedikit ditemukan pada tulisan simple present tense siswa adalah kesalahan salah susun sebanyak 11,76%.
References
Amiruddin, H., Yunita, D., & Pd, M. (n.d.). AN ERROR ANALYSIS OF USING PRESENT TENSE BY THE TENTH GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT AT MAN 2 MODEL MEDAN SKRIPSI.
Bahtiar, H., & Liza, M. Y. (2022). An Error Analysis on the Use of Simple Present Tense in Descriptive Text. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(4), 734–738. https://doi.org/10.34050/elsjish.v5i4.24816
Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 166. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Marzona, Y. (2022). An Error Analysis on the Use of Simple Present Tense in Descriptive Text. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 6(1), 147–155. https://doi.org/10.36057/jips.v6i1.536
Muhsin, M. A. (2016). Analysing the students errors in using simple present (A case study at Junior High School in Makassar). Pacific Science Review B: Humanities and Social Sciences, 2(3), 81–87. https://doi.org/10.1016/j.psrb.2016.09.006
Naserly, M. K. (2020). Analisis Kesalahan Simple Present Tense Pada Materi Kuliah Bahasa Inggris Dasar. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Nurlaili, J. (2021). An Error Analysis Of Using Simple Present Tense In Descriptive Text Written By The Eighth Grade The Background Of The Study. Journal MELT (Medium For English Language Teaching), 6(1), 1–14.
Patel, & Goyena, R. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENGGUNAAN SIMPLE PRESENT TENSE DI SMP N 5 MANADO. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 9–25.
Purba, C. N., & Sohnata Hutauruk, B. (2022). ERROR ANALYSIS OF THE STUDENTS IN USING SIMPLE PRESENT TENSE WRITING DESCRIPTIVE TEXT. In Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR) (Vol. 3, Issue 2). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ijessr
Rufinus, A., & Arifin, Z. (n.d.). STUDENTS’ ERRORS IN WRITING SENTENCES.
Sahal, V. (n.d.). Students’ Errors in Using Present Tense in Writing Descriptive Text (A Study at MTsS Jeumala Amal, Lueng Putu).
Staf Penagajar pada STAIN Gajah Putih, R. (2019). SURFACE STRATEGY TAXONOMY ON FOREIGN LANGUAGE WRITING: A STUDY ON VERB TENSE USAGE. Jurnal Serambi Ilmu, 20(2).
Widayanti, M. J. A. (2008). Kesalahan Umum Yang Dilakukan Siswa SMA Kelas 1 Pada Penulisan Kalimat Simple Present Tense. Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1), 29–36. www.asian-efl-journal.com/pta_January_0
Yuliawati, L. (n.d.). Error Analysis of Simple Present Tense Using in Students’ Descriptive Writing. Journal of English Language Learning (JELL), 6(2), 244–250.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur'ainun Lubis, Fatimah, Rara Dwi Agustina, Rara Dwi Agustina, Siti Sundari, Yulia Havilza Panjaitan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




