Model Pembelajaran Tematik: Model Connected, Wabbed, Integrated

Model Connected, Model Pembelajaran Integrated, Model Pembelajaran Webbed

Authors

  • Siti Awan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Model Connected, Model Pembelajaran Integrated, Model Pembelajaran Webbed

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini bertujuan guna mengetahui untuk mengetahui aspek-aspek mengenai pembelajaran tematik yang nantinya juga memudahahkan dalam proses evaluasi dan pemecahan sebuah masalah, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research, yaitu penelitian yang dilakukan melalui mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan objek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan. Adapun pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik, hasil riset ini menjukan bahwa Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang memadukan berbagai mata pelajaran atau bidang studi dengan menggunakan tema tertentu. tujuan tersebut kemudian diulas atau dielaborasi dari berbagai sudut pandang baik dari pandangan ilmu pengetahuan sosial, ilmu pengetahuan alam, humaniora maupun agama, sehingga memberikan pengalaman bermakna bagi anak didik. Pembelajaran tematik ada beberapa macam yaitu model connected, model webbed, dan model integrated

References

Akbar, S., & Dkk. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

DPRRI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In UU Republik Indonesia.

Efendi, M. (2016). Kurikulum dan pembelajaran: pengantar ke arah pemahaman KBK, KTSP, dan SBI. Malang: FIP UM.

Effendi, R. (2019). Peningkatan Kinerja Siswa Melalui Pendekatan Saintifik. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, 776–783.

Hernawan, A. H., & Resmini, N. (2015). Konsep Dasar dan Model-model Pembelajaran Terpadu. Pembelajaran Terpadu, 1(1), 1–35. http://repository.ut.ac.id/4039/1/PDGK4205-M1.pdf)

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Juanda, A. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu: Teori & Praktik Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis (Farihin (ed.); Ed. ke1, C). Cirebon: CV. CONFIDENT.

Kadir, A. (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto. (2019). Improving Student Activities and Thematic Learning Outcomes through Team Quiz Learning Strategies and Cross Puzzle Media. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151.

Mestika, Z. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (Cet. ke-1). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Rahmat, A. (2016). Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected. At-Ta’lim, 15(2), 441–457.

Raudhah, J., Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. JURNAL RAUDHAH, 06(01), 1–16.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 13.

Sukayati, & Wulandari, S. (2016). Pembelajaran Tematik di SD. Departemen Pendidikan Nasional, 53(9), 1689–1699.

Trianto. (2015). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2016). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyu Oktamagia, D., & Fauzi, A. (2015). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Di Kelas Viii Smp N 1 Sungai Tarab. Pillar of Physics Education, 2, 25–32.

Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, XII(1), 064–078. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421

Yuliantini, Y. D. A. W. P. (2017). Semiotika Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye. Jurnal Literasi, 1(2), 68. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/785

Downloads

Published

2023-07-13