Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam
Kompetensi, Kepribadian Guru, Pendidikan Islam
Keywords:
Kompetensi, Kepribadian Guru, Pendidikan IslamAbstract
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan guna mengetahui Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research, yaitu penelitian yang dilakukan melalui mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan objek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan. Adapun pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik, hasil riset ini menjukan bahwa kepemilikan kepribadian yang matang juga karena hal tersebut menjadi faktor penunjang keberhasilan pembelajaran, bahkan sangat besar dampak yang akan diperoleh siswa, tatkala sang guru tidak memiliki kepribadian tersebut. kepribadian sebagai media dalam menghantarkan ilmu yang dimiliki oleh sang guru kepada siswanya. Dalam Pendidikan Islam, guru menduduki tempat yang penting. Tidak hanya sekedar alat mekanis tanpa pengetahuan, kesadaran, motivasi dan tujuan. Karena dalam Pendidikan Islam guru merupakan subjek pendidikan dan subjek dakwah yang sangat penting fungsi dan amal pengabdiannya
References
Aslamiyah, S. S. (2016). Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Hikmah, 3(2), 231–240.
Halim, T., & Ajuhari, M. K. (2015). Amalan Pengajaran Guru Pendidikan Islam Berkesan Berteraskan Konsep Mu’allim. Journal of Islamic and Arabic Education, 2(1).
Hasanah, M. (2018). Dinamika Kepribadian Menurut Psikologi Islami. UMMUL QURA, 11(1).
Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 141–152.
Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11(2).
Husnizar. (2016). Konsep Subjek Didik dalam Pendidikan Islam (Suatu Telaah Perkembangan Spiritual dan Intelektual Subjek Didik). Ar-Raniry Press IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Lubis, R. R. (2016). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSFEKTIF ISLAM. TAZKIYA, 5(2), 11–40.
Mestika, Z. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (Cet. ke-1). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Mulyasa, E. (2015). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwaningsih, R. F., & Muliyandari, A. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Perspektif Islam. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 61–71.
Ramayulis. (2016). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Rofa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Saepul, A. (2016). Studi Realitas Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bandung Barat. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2).
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 13.
Syah, M. (2015). Psikologi Islam Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syamsu Yusuf LN, & Dkk. (2015). Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yasin, A. F. (2018). Dimensi-dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN-Malang Press.
Yuliantini, Y. D. A. W. P. (2017). Semiotika Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye. Jurnal Literasi, 1(2), 68. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/785
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fadilah Sari Butar Butar, Dina Sari, Riski Arief Efendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




