Penerapan Model Kepemimpinan Guru Sekolah Dalam Mengembangkan Proses Belajar Mengajar (Pai) Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi)
kepemimpinan guru, Pembelajaran PAI, Madrasah
Keywords:
kepemimpinan guru, Pembelajaran PAI, MadrasahAbstract
Tulisan ini bertujuan menggambarkan penerapan model kepemimpinan guru sekolah dalam mengembangkan proses belajar mengajar PAI di MI. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran yang penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai keagamaan bagi siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Oleh karena itu, penerapan model kepemimpinan yang efektif oleh para guru sekolah sangatlah penting dalam mengembangkan proses belajar mengajar PAI. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini data sekunder dan data primer. Kepemimpinan Guru tidak hanya sebatas pada peran guru dalam konteks kelas pada saat berinteraksi dengan peserta didik tetapi juga menjangkau pula peran guru dalam berinteraksi dengan kepala sekolah dan rekan rekannya, dengan tetap mengacu pada tujuan akhir yang sama yaitu terjadinya peningkatan proses dan hasil pembelajaran peserta didik. Guru dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif, mengajukan pertanyaan, berdiskusi, dan melakukan pemecahan masalah terkait dengan konsep-konsep agama Islam. Nilai tersebut tercermin dari sikapnya dalam mengambil sebuah keputusan di sekolah.
References
Abdul Aziz. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan.Bandung: alfabeta, 2006, 45.
Ahmad Suryadi. Menjadi Guru Profesional dan Beretika, Cv Jejak, Jejak Publisher, 2022, 42.
Azamul Fadhly Noor Muhammad. Model Kepemimpinan guru dalam proses pembelajaran dikelas pada jenjang SD/MI. Jurnal albtida : Pendidikan Guru MI. vol. 4, no. 1 (2017): 33.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. Transformational leadership. Psychology Press, 2006.
Ermita. Kepemimpinan Guru dalam pelaksanaan tugasnya di Kelas. “ Jurnal Pedagogi. vol. 17, no. 2 (2015): 32.
Hallinger, P., & Murphy, J. Assessing the instructional management behavior of principals. The Elementary School Journal, vol 86, no 2 (1985): 217-247.
Harris, A. Distributed leadership: According to the evidence. Journal of Educational Administration, vol 46, no 2 (2008): 172-188.
Imas Srinana Wardani. “Guru Sebagai Pemimpin Pendidikan”, Jurnal Buana Pendidikan.vol. 10, no. 18 (2014): 2.
Kunandar. Guru Profesional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007, 12.
Maryani, R., & Fahmi, I. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan Dasar, vol 1, no 1 (2018): 27-38.
Musfah, J. Strategi Peningkatan Kompetensi Guru PAI Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol 8, no 2 (2020): 186-202.
Syaiful Sagala. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2009, 154.
Syamsuri, A.,& Mubarak, H. Penerapan Model Kepemimpinan Transformasional Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI). vol. 17, no. 1 (2022): 46-60.
Yulianto, Y., & Satori, D. Kepemimpinan Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi di MAN 2 Tulungagung). Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, vol 1, no 1 (2014): 61-69.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fuji Awaliah, Suwadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




