Dampak Multikulturalisme Terhadap Pendidikan Islam

Kurikulum, Multikulturalisme, Paradigma, Pendidikan Islam

Authors

  • Khairun Nikmah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Agung Sihotang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rahmad Mulyadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Kurikulum, Multikulturalisme, Paradigma, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan refleksi literatur untuk membahas dampak multikulturalisme terhadap pendidikan Islam. Multikulturalisme merupakan fenomena global yang berdampak pada kehidupan masyarakat dalam berbagai hal, termasuk pendidikan. Dalam kerangka pendidikan Islam, multikulturalisme berdampak pada paradigma, pendekatan, dan kurikulum. Karya ini menggunakan metodologi kualitatif dalam hubungannya dengan perspektif fenomenologis. Fenomenologi adalah ilmu yang mempelajari fenomena atau gejala. Pencarian data dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal, dan publikasi ilmiah yang berhubungan dengan topik yang disebutkan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa multikulturalisme berdampak besar pada pendidikan Islam, sehingga terjadi pergeseran paradigma pendidikan Islam yang lebih inklusif dan adaptif. Toleransi, menghargai perbedaan, dan kerja sama diperlukan agar pendidikan multikulturalisme dapat berjalan efektif. Kurikulum multikultural membutuhkan sumber pengajaran yang mengakomodasi keragaman siswa serta penciptaan lingkungan belajar yang inklusif dan menghargai perbedaan. Akibatnya, pendidikan Islam dapat menumbuhkan pola pikir yang lebih inklusif dan mentolerir keragaman masyarakat. Kesulitan dalam memasukkan multikulturalisme dalam pendidikan Islam berasal dari disparitas interpretasi agama, stereotip dan fleksibilitas, perdebatan penggunaan bahasa, dan pengaruh budaya lokal.

References

Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Anwar, K. (2021). Pendidikan Islam Multikultural: Konsep dan Implementasi Praktis di Sekolah (Vol. 1). Academia Publication.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Prenada Media.

Barus, M. I., & Kahar, S. (2021). Model pendidikan karakter mahasiswa. madina publisher.

Dana, I. W., Munawwarah, D., Riyanti, M. T., Abdullah, F., Azizan, A. T., Wardoyo, B. T., ... & Vianey, W. Y. (2022). Multikultural dan Prospek Dialog Lintas Budaya di Era Kebebasan Berekspresi.

Futaqi, S. (2023). Pendidikan Islam Multikultural: Menuju Kemerdekaan Belajar. Nawa Litera Publishing.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Ham, H. (2023). Dampak Multikulturalisme terhadap Pendidikan Islam. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 1-15.

Hisyam, C. J. (2021). Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bumi Aksara.

Kholik, N. (2020). Terobosan Baru Membentuk Manusia Berkarakter di Abad 21: Gagasan Pendidikan Holistik al-Attas. EDU PUBLISHER.

Kurniawan, M. A. (2017). Multikultural: Wacana Pendidikan Islam Yang Belum Baku. Riayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 2(02), 105-119.

Leo, K., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). Pendidikan Multikultural Berdasarkan Perspektif Teologi Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(2), 460-469.

Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah.

Mustafida, F. (2021). Pendidikan Islam Multikultural-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Nurcholis, D. (2019). Transformasi pendidikan multikultural di sekolah. Parasurama Education.

Rahmat, M. P. I. (2017). Pendidikan Agama Islam Multidisipliner Telaah Teori dan Praktik Pengembangan PAI di Sekolah dan Perguruan Tiggi (Vol. 1). LKiS.

Ritonga, M. (2021). Pendidikan Multikultural Dalam Persfektif Filsafat Pendidikan Islam. Pena Cendikia, 4(1).

Rostandi, U. D., Anwar, R., Qodim, H., & Nurdin, M. A. (2018). Usaha-usaha mempromosikan Islam Moderat, Toleransi dan Multikulturalisme di Indonesia dan Australia: Studi kasus Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung dan Centre for Islamic Thought & Education (CITE), University of South Australia Adelaide.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Setiawan, E. (2019). Konsep Urgensi Pendidikan Islam Multikultural dan Permasalahannya. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 3(1), 29-39.

Suharsono, S. (2017). Pendidikan Multikultural. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 13-23.

Suradi, A. (2018). Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi pada Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 25-43.

Susanti, S. S. (2018). MODEL Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 75-100.

Sutiah, D. R., & Pd, M. (2020). Pendidikan Agama Islam Di Desa Multikultural. Nlc.

Tati, A. D. R. (2021). Integrasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Sejarah Lokal. Media Sains Indonesia.

Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan:(Formal, Non Formal, dan Informal). Deepublish.

Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. UNY Press.

Yaqin, A. (2021). Pendidikan Multi Kultural. Lkis Pelangi Aksara.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.

Yunanto, S. (2018). Islam Moderat vs Islam Radikal. Media Pressindo.

Yunus, M. (2017). Implementasi nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran pendidikan agama islam. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 166-187.

Downloads

Published

2023-06-11