Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Anak Di Usia 3-4 Tahun
Anak, Guru, Komunikasi
Keywords:
Anak, Guru, KomunikasiAbstract
Keterampilan komunikasi pada usia dini memiliki peran penting dalam perkembangan anak secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam mengembangkan keterampilan komunikasi anak usia 3-4 tahun di lingkungan pendidikan pra-sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi langsung, wawancara dengan guru, dan analisis dokumentasi terkait kurikulum dan praktik pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran sentral dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan keterampilan komunikasi anak usia dini. Faktor-faktor seperti penggunaan bahasa yang tepat, interaksi yang responsif, dan penggunaan teknik pengajaran yang kreatif terbukti penting dalam memfasilitasi komunikasi efektif. Selain itu, hubungan antara guru dan anak juga mempengaruhi perkembangan kemampuan komunikasi anak. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkaya pemahaman kita tentang bagaimana interaksi guru-anak dapat membentuk landasan yang kuat untuk kemampuan komunikasi yang lebih baik pada usia dini. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya pelatihan dan pendidikan kontinu bagi guru pra-sekolah untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka dalam mendukung perkembangan komunikasi anak usia 3-4 tahun.
References
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theories and methods (5th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
Brown, A., & Jones, B. (2018). Early childhood educators’ role in vocabulary development of preschool children. Early Childhood Education Journal, 46(3), 285-293.
Cao, L., et al. (2021). Teacher responsiveness and preschool children’s language development. Early Education and Development, 32(4), 510-527.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Goncu, A., & Rogoff, B. (2010). Children's engagement in sociodramatic play and links to literacy. Developmental Psychology, 46(4), 739-749. doi:10.1037/a0018894
Huttenlocher, J., Vasilyeva, M., Waterfall, H. R., Vevea, J. L., & Hedges, L. V. (2007). The varieties of speech to young children. Developmental Psychology, 43(5), 1062-1083. doi:10.1037/0012-1649.43.5.1062
Merriam, S. B. (2009). Qualitative research: A guide to design and implementation. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Pianta, R. C., & Hamre, B. K. (2009). Conceptualization, measurement, and improvement of classroom processes: Standardized observation can leverage capacity. Educational Researcher, 38(2), 109-119. doi:10.3102/0013189X09332374.
Smith, T., et al. (2020). Supporting young children’s verbal communication skills: The role of preschool teachers. Journal of Early Childhood Research, 18(2), 134-147.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arini Fadhillah, Elya Siska Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.