Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Cerita Rakyat Terhadap Minat Membaca Siswa

Cerita Rakyat, Minat Membaca, Model Pembelajaran Kooperatif

Authors

  • Khairun Nisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Anis Khairiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Cerita Rakyat, Pembelajaran Kooperatif, Minat Membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis cerita rakyat terhadap minat membaca siswa. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, di mana berbagai literatur dan penelitian terkait dikumpulkan, dianalisis, dan disintesis untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbasis cerita rakyat secara signifikan dapat meningkatkan minat membaca siswa. Penggunaan cerita rakyat sebagai bahan ajar tidak hanya membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa, tetapi juga mendorong partisipasi aktif dan kolaboratif di antara mereka. Selain itu, cerita rakyat yang kaya akan nilai-nilai budaya dan moral mampu menarik perhatian siswa dan membangkitkan keinginan mereka untuk lebih banyak membaca. Dengan demikian, penerapan model ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam upaya meningkatkan minat membaca siswa di lingkungan pendidikan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan berbasis budaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Angga Pranata, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Cahaya”, Skripsi, (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2013), h.6.

Barone, Diane M. 2011. Children’s Literature in the Classroom Engaging Lifelong Read- er,s. New York: The Guilford Press.

Delyana, H. (2021). Kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair square (TPSq). Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286-296.

El Hawa, E., Wildan, D., & Komariah, S. (2024). LAWAS SAKECO: MENGGALI NILAI-NILAI ETNOPEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4465-4479.

Gusnetti, dkk. (2015). Struktur Dan Nilai-Nilai Pendiidikan Cerita Rakyat. Jurnal

Hidayah, W., & Azizah, N. (2019). Pengembangan Wawasan Kebudayaan Melalui Teks Cerita Rakyat “Ta’butaan” Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. FKIP e-PROCEEDING, 263-276.

Isjoni, Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, (Jakarta: Alfabeta, 2013), h.16.

Merdiyatna, Y. Y. (2019). Nilai-Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Panjalu. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 143-148

Nurhidayah, dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 2(1).

Ratnasari, Yunita. 2011. Menumbuhkan Minat Baca Anak. Bandung: PT Rineka Cipta

Shofausmawati. (2014). Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan pada Anak Sejak Dini. Jurnal Perpustakaan Libraria, Vol. 2(1).

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 158-165.

Downloads

Published

2024-06-20