Analisis Pengembangan Kompetensi Berbahasa Indonesia Terhadap Strategi Pembelajaran
Bahasa Indonesia, Pengembangan Kompetensi, Strategi Pembelajaran
Keywords:
Bahasa Indonesia, Pengembangan Kompetensi, Strategi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran bahasa yang efektif melalui penggunaan strategi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bahasa dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, khususnya dalam hal keterampilan membaca dan menulis. Selain itu dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa. Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa mengembangkan kompetensi berbahasa, strategi pembelajaran bahasa yang efektif dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berbahasanya serta meningkatkan minat dan motivasi belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran bahasa yang efektif bagi siswa Pendidikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran penting dalam sistem pendidikan nasional Indonesia memerlukan pendekatan yang lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa. Dalam beberapa tahun terakhir, pendekatan kualitatif menjadi salah satu pendekatan yang populer digunakan dalam pengembangan kompetensi bahasa Indonesia. Pendekatan kualitatif ini menitikberatkan pada analisis data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen untuk memahami proses pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan. Mengembangkan kompetensi bahasa Indonesia merupakan salah satu tujuan utama dalam pendidikan. Di era globalisasi, kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan efektif sangat penting untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi antar budaya. Oleh karena itu, analisis pengembangan kompetensi bahasa Indonesia terhadap strategi pembelajaran sangat relevan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
References
Afiyah Nur Kayati. (2022). Pemanfaatan Teks Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penguatan Literasi Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Ali Mustadi, dkk.(2021). STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA DAN BERSASTRA YANG EFEKTIF DI SEKOLAH DASAR. Yogyakarta: UNY Press
Wibowo Wicaksono ari, dkk. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Picture and Picture Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Educatio. Vol. 9, No. 3,
Budiono. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 SAMBAS. Jurnal pendidikan bahasa, Vol.9,no 2.
Machfudz, I. (2000). Metode Pengajaran Bahasa Indonesia Komunikatif. Jurnal Bahasa dan Sastra UM
Madina Ode la, dkk. (2019) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM BERKOMUNIKASI. Jurnal pengabdian masyarakat Vol. 2, No. 2,
Ridwan Laki. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERAKURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.1, No 1,
Sari Kartika Dewi Ratna, Fatimah. (2018) STRATEGI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, Vol.1, No 2.
Karimaliana. (2023). Pengembangan model pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Batam: Yayasan cendekia mulia mandiri.
Wulandari Desi, dkk. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elfina Wety, Tri Indah Kusumawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.