Dampak Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis

Audiovisual, Media, Menulis

Authors

  • Mutia Asmi Fadillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Audiovisual, Media, Menulis

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi maka media pembelajaran berperan penting untuk membantu dalam proses belajar mengajar, sehingga seorang pendidik bisa memanfaatkan media pembelajaran yang mulai berkembang untuk dijadikan sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi agar proses belajar mengajar lebih mudah dilakukan. Adanya media pembelajaran ditengah-tengah perkembangan zaman maka proses belajar mengajar semakin mudah untuk dilaksakan dan sangat berperan penting bagi seorang siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar contohnya dengan menggunakan media audiovisual. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif  dimana menggunakan metode pengumpulan data Pustaka, atau penelitian yang menggunakan berbagai macam informasi kepustakaan dan studi literatur. Media audiovisual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis seseorang. Media audiovisual mencakup berbagai bentuk media yang menggunakan suara dan gambar untuk menyampaikan pesan, seperti film, televisi, video, dan presentasi multimedia. Pengaruh media audiovisual terhadap keterampilan menulis dapat dilihat dari beberapa aspek, seperti inspirasi, pengembangan ide, penulisan naskah, dan kemampuan naratif. Media audiovisual memiliki peran yang penting dalam meningkatkan keterampilan menulis seseorang. Melalui inspirasi, pengembangan ide, penulisan naskah, dan kemampuan naratif, media audiovisual dapat membantu seseorang untuk menjadi penulis yang lebih kreatif, berpengetahuan luas, dan mampu menyampaikan cerita dengan cara yang menarik.

References

Alti, Rahmi Mudia, dkk. (2022). Media Pembelajaran. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Azhar, M. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Materi Ajar RPP K-13 di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan All Fields of Science J-LAS, 3(1).

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).

Helaluddin dan Awalludin. 2020. Keterampilan Menulis Akademik. Banten: Media Madani Publisher.

Hendriani, Anak Agung Istri, dkk.(2019).Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Ditinjau Dari Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP PGRI 9 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa. 8(1).

Ikhsan, M., & Humaisi, M. S. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam mengembangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (JIIPSI), 1(1)

Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini pada Ibu yang Bekerja : Sebuah Studi Literatur. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2).

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Untirta: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2(1).

Setiyawan, Hery. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 3(2).

Downloads

Published

2024-06-01