Pengetahuan Masyarakat Jawa Akan Tumbuhan Herbal Sebagai Bahan Jamu Untuk Memelihara Kesehatan

Pengetahuan, Warisan Budaya, Kesehatan.

Authors

  • Anisah Rahman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Nuriza Dora Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Pengetahuan, Warisan Budaya, Kesehatan

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kebiasaan masyarakat Jawa mengonsumsi jamu sebagai alternatif memelihara kesehatan secara alamiah dengan memanfaatkan tumbuhan herbal yang ada disekitar lingkungan rumah serta sebagai upaya untuk memelihara kesehatan dan melestarikan warisan budaya yang ada sejak zaman nenek moyang, tidak hanya melestarikan tetapi juga untuk menghindari berbagai jenis penyakit dizaman sekarang ini. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan masyarakat Jawa akan tumbuhan herbal sebagai bahan jamu untuk memelihara kesehatan yang merupakan sebuah kegiatan yang biasa masyarakat jawa lakukan sebagai bentuk memelihara kesehatan dan melestarikan warisan budaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Jawa memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang bagaimana manfaat dari setiap jenis tumbuhan herbal yang dibuat sebagai bahan dasar jamu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pengetahuan masyarakat Jawa akan tumbuhan herbal terdapat unsur-unsur pengetahuan dan warisan budaya yang masih dijaga oleh masyarakat hingga saat ini dalam memelihara kesehatan.

References

Ramadhan, Darwin Riyan, et al. “Pengetahuan Masyarakat terhadap Penggunaan Jamu untuk Meningkatkan Imunitas Penderita COVID-19 yang Pernah Menjalani Isolasi Mandiri.” Jurnal Farmasi Komunitas 9.2 (2022): 194-199.

Isnawati, Deby Lia. “Minuman Jamu Tradisional Sebagai Kearifan Lokal Masyarakat Di Kerajaan Majapahit Pada Abad Ke-14 Masehi.” Ejournal. Unesa. Ac. Id 11.2 (2021):1-10.

Salsabeilla, N. C., S. A. Nur, and A. N. Iftitah. “Budidaya tanaman obat keluarga untuk mengaktualisasi program go green di smk telkom makassar.” Jurnal Lepa-Lepa Open1(2021):511-519.

Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu Tradisional Indonesia: Tingkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Selama Pandemi Traditional Indonesian Jamu: Natural Way To Boost Immune System During Pandemic. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 4(2), 465-471.

Lestari, A., & Simarmata, T. (2018). Pengetahuan Masyarakat Jawa Tentang Tanaman Bahan Dasar Jamu Tradisional Di Desa Brohol Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara. Buddayah: Jurnal Pendidikan Antropologi, 1(1),7-13.

Yusuf, M. R. (2023). Konstruksi Masyarakat Mengenai” Jamu Corona” diDesa Sawotratap, Sidoarjo. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 264-271.

Downloads

Published

2024-01-09