Administrasi Kurikulum Dan Pembelajaran

Merdeka, Administrasi Kurikulum, Pembelajaran

Authors

  • Aisah Tusyakdiah Berutu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Siti Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Lili Aspinda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Merdeka, Administrasi Kurikulum, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan serta menganalisis dan memahami tentang administrasi kurikulum dan pembelajaran serta bagaimana penerapan yang dilkakukan disekolah AR-Rahman Medan. Penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi pustaka dan studi dokumen, wawancara. Melalui sumber-sumber referensi seperti buku-buku, artikel jurnal, dan sumber ilmiah. penelitian ini menggunakan teknik yang bernama notes yang mana teknik ini berisi rekaman, tulisan dan observasi ke tempat yang dijadikan objek penelitian. Hasil penelitian ini yaitu guru menghadapi berbagai kendala ketika menerapkan kurikulum yang ada, yaitu bahan agar yang tidak memenuhi kebutuhan siswa, beban guru yang berlebihan, dan keterbatasan sumber daya. Kurikulum merdeka menghadirkan tantangan terhadap pendekatan yang lebih mandiri dan kreatif, yang dapat terhambat oleh terbatasnya pelatihan guru untuk memperkenalkan metode pembelajaran inovatif. Partisipasi guru dalam pengembangan kurikulum dan penilaian di sekolah agar guru dapat berperan aktif dalam merumuskan tujuan pembelajaran, merancang bahan agar, dan disesuaikan metode penilaian yang disesuaikan dengan konteks pendidikan.Teknologi ke dalam kurikulum mempunyai banyak manfaat dan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Kurikulum merdeka mendorong guru untuk memberi siswa lebih banyak ruang untuk mengekspresikan ide, eksplorasi konsep, dan merancang proyek pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya, merangsang motivasi dan pemikiran kreatif.

References

Ahmad, Rohani dan Abu Ahmadi.(2011). Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Ahmad, Qurtubi.(2019). Administrasi Pendidikan. Bandung : Jakad Media Publishing

Ansyar, M. (2017). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Prenada Media

Ary Gunawan. (2010). Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, Sri, M. (2018). Buku Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rafa Production

Hadari, Nawawi. (2014). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung

Hasibuan, Lias. 2010. Kurikulum Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada (GP Press).

Hadijayah, Yusuf. (2012). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing

Hamalik, O. (2019). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : Mandar Maju

Ibrahim, R. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Kaber, A. (1988). Pengembangan Kurikulum. Jakarta: P2LPTK.

Lubis, Johari, Haidir. (2019). Administrasi dan Perencanaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group

Marmoah, S. (2018). Administrasi dan Supervisi Pendidikan dan Praktek. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV. Budi Utama

Mahmud Hilal, (2015). Administrasi Kurikulum, Makasar: Aksara Timur

Muhammad Ali. (2007). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imerial Bhati

Nasution, Harun. (1989). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT bumi Aksara,

Nirmala, R., & Afriansyah, H. (2020). Administrasi Kurikulum. Perdana percetakan

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2018). "Educational Assessment of Students." Pearson.

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2019). "Curriculum: Foundations, Principles, and Issues."

Pearson.

Rahmadita, S. (2019). Administrasi Kurikulum. Bandung : jaya percetakan

Rahman, dkk. (2015) Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Yayasan Menulis

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sagala, Prof. Dr. H. Syaiful.(2009). Administrasi Pendidikan: Konsep Dasar, Prinsip, dan Implementasi Alfabeta

Sanjawa, wina. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: kencana

Satrio, dkk. (2021). “Administrasi Kurikulum, kesiswaan, pendidik dan tenaga kependidikan dalam Tinjauan Administrasi sekolah. Indonesian Journal of Islamic Education Management. Vol. 4, No. 2, hal. 92-101

Suharsimi Arikonto, dan Yuliana Lia.(2002. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri yogyakarta.

Utama, Sariah. (2012). Pengantar Kurikulum.Yogyakarta: CV. Budi UtamaTanjung

Downloads

Published

2024-01-03