Administrasi Keuangan Dan Sarana Prasarana
Administrasi, Keuangan, Sarana Prasarana
Keywords:
Administrasi, Keuangan, Sarana PrasaranaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memahami pengelolaan keuangan di MTs Ali Imran di dalam penyelenggaraan prasarana pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pengelolaan keuangan sekolah dalam penyelenggaraan sarana dan prasarana pendidikan MTs Ali Imran dilakukan melalui perencanaan anggaran sekolah, pemanfaatan anggaran sekolah, akuntansi keuangan sekolah, dan pertanggungjawaban keuangan sekolah. Kajian ini memberikan kontribusi terhadap pentingnya pengelolaan keuangan dalam pemenuhan institusi dan infrastruktur pendidikan karena melibatkan pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal untuk mengevaluasi, menganalisis, memantau dan memenuhi berbagai kebutuhan sekolah. Hasil Penelitian nya yaitu: (1) Perencanaan Pengelolaan Sarana dan Prasarana untuk meningkatkan efektivitas Pelayanan Administrasi Akademik di MTs Ali Imran dilaksanakan oleh Wakil Direktur Sarana dan Prasarana (WKS) II dengan dukungan kepala daerah lain. Unit telah disetujui oleh kepala sekolah. (2) pemasangan sarana dan prasarana MTs Ali Imran dilaksanakan oleh seluruh pemangku kepentingan sekolah. Selama penerapan, kesehatan sistem dan infrastruktur tidak cukup untuk memanfaatkannya secara kurang optimal. (3) Dukungan diberikan oleh semua pihak yang menggunakan sarana dan prasarana pengelolaan akademik MTs Ali Imran. Pengelolaan sarana dan prasarana demi efektifitas pelayanan administrasi akademik di Biara Ali Imran dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor. 24 tahun 2007.
References
Afriansyah, H. 2019. Administrasi Keuangan. Padang:OSF.io
Arwildayanto, Nina Lomatenggo, dan Warni Tune Sumar. 2017. Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. Jabar: Penerbit Widya Padjadjaran. Harniyah, Nur. (2015). Pengantar manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Junedi, Hadi Widodo, Afdhal, dkk. 2022. Manajemen Pendidikan Islam. Padang: PT Global Ekslusif Teknologi.
Kumalasari, D. A. 2014. Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Sekolah Berbasis Multiserpada Madrasah Tsanawiyah Uswah Bergas. Semarang: Jurnal
Mahasiswa STEKOM Matin. 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Depok: PT RajagrufindoPersada.
Mulyasa, 2003. Manajemen Berbasis sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munzir Qohf, An-Nusüs Al-Iqtisodiyyah Min Al-Quran Wa As-Sunnah, Markaz An-Nasyr Al Ilmi, Kerajaan Arab Saudi: Jeddah, Universitas King Abdul Aziz Η Purwanto. 2019. Administrasi Sarana dan Prasarana. Yogyakarta: UNY Press
Rahmah, N. 2016. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73-77.
Rahmat Hidayat, Candra Wijaya. 2017. Ayat-Ayat Alquran tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Penerbit Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Rifai, A. 2019. Administrasi dan supervisi pendidikan.
Rusmawati. V. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Pada SDN 018. BALIKPAPAN: Journal Administrasi Negara Samir Muzhir Qontoqoji. Figh Al-Muhasabah Al-Islamiyyah. Damaskus Syiria: Muassasah Aro Risälah Näsyirün
Siti Asiah Tjabolo. 2018. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Cendekia.
Tulusmono, 2012. Manajemen Kesiswaan Dan Manajemen Keuangan di Madrasah dan Sekolah Islam.
Wijaya, D. 2013. Implikasi Manajemen Keuangan Sekolah Terhadap Kualitas Pendidikan.
Zebua, Ali M, Lias Hasibuan, Fitriyani, dkk. 2022. Administrasi dan Supervisi Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fazira Maharani, Nur Febri Adilla Tambunan, Safira Ulya Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




