Karakteristik Perkembangan Bahasa
Faktor, Karakteristik, Pengertian, Tahap, Upaya
Keywords:
Faktor, Karakteristik, Pengertian, Tahap, UpayaAbstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji karakteristik perkembangan bahasa siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur. kajian literatur adalah desain penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan semua data yang berkaitan dengan suatu tofik. Hasil pengkajian tersebut dijadikan sebagai referensi untuk menemukan karakteristik perkembangan bahasa siswa sekolah dasar.Perkembangan bahasa pada anak semakin hari semakin berkembang dan mereka belum dapat menyaring bahasa yang ia peroleh dari lingkungannya, Dalam tahapan penguasaan bahasa inilah peran dewasa (orang tua dan guru) sebagai orang terdekat sangat dibutuhkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang di teliti yaitu sebagai sumbangan pemikiran penulis yang direkomendasikan baik dalam pengertian teori maupun praktis.
References
Etnawati, Susanti. “Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan 22, no. 2 (2022): 130–38. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824. Gratia, Yada Putra, Priskila Issak Benyamin, Yuel Sumarno, and Valentiono Wariki. “Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan.” Jurnal Ecodunamika 3, no. 1 (2020): 1.
Isna, Aisyah. “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Al-Athfal 2, no. 2 (2019): 62–69.
Julrissani, “Karakteristik Perkembangan Bahasa Dalam Berkomunikasi Siswa Sekolah Dasar Di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta.” Edumaspul:Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2020): 72–87. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.296.
Latifah, Umi. “Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya.” Academica : Journal of Multidisciplinary Studies 1, no. 2 (2017): 185–96. https://doi.org/10.22515/academica.v1i2.1052.
Mirna, Wa, Jl Tarmizi Taher, Kebun Cengkeh, and Batu Merah. “Karakteristik Bahasa Guru Dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Di Kelas Xii Mipa 2 Sman 1 Bangil Kabupaten Pasuruan (Characteristics of Teacher Languages in Indonesian Teaching and Learning Interactions in Class Xii Mipa 2 Sman 1 Bangil Pasur” 1, no. 1 (2019): 54– 67.
Noermanzah. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, Dan Kepribadian.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 2019, 306–19. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba.
Poernomo, Dewi Ika Sari Hari, and Ennes Prisky Paskarinda. “Faktor Kesehatan, Intelegensi, Dan Jenis Kelamin Mempengaruhi Gangguan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah.” Jurnal STIKES 8, no. 1 (2015): 23–33.
Safitri, Yenny. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Balita Di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2017): 148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35.
Widianto, Eko, and Ida Zulaeha. “Pilihan Bahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing.” Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5, no. 2 (2016): 124–35. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nisa Amelia Purba, Desi Rismayani Sinaga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




