PENERAPAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN AEK HAYURA SIBUBUAN
Keywords:
Penerapan, Psikologi, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan psikologi pendidikan di pondok pesantren Aek Hayura Sibubuan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur (library research), dimana pembahasan pada penelitian ini didasarkan pada pendapat-pendapat ahli dan hasil-hasil penelitian terdahulu tentang teori-teori penerapan psikologi pendidikan dan pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini, pimpinan lembaga pendidikan pondok pesantren diharapkan mampu menganalisis permasalahan pendidikan perspektif psikologi pendidikan, dan mampu menelaah secara kritis terhadap isu-isu aktual dalam psikologi pendidikan. Kalangan pendidik pesantren harus menilai bahwa sistem pendidikan yang berlangsung selama di pondok pesantren harus dapat menjalankan tugas dan perannya secara efektif, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian tujuan pendidikan di pondok pesantren.
References
Hafid Abbas,1998. "Pengembangan IAIN dan STAIN dalam Memasuki Abad 21: Sebuah Pemikiran Konseptual”
https://pintek.id/blog/psikologi-pendidikan/
Mukhlishi, 2017. Penerapan Psikologi Pada Madrasah dan Pondok Pesantren Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman.
M. Basyrudin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002, hal. 43
Munir, Pembelajaran Student Centered, (Bandung : Alfabeta, 2008), hal. 80-81
Marwan Saridjo, et.al., Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia , Jakarta: Dharma Bhakti, 1982, hal. 32.
M. Basyiruddin Usman, Metodelogi Pembelajaran, hal. 28-29
Sri Haryanto Afandi, 2018. “Aplikasi Penerapan Psikologi Dalam Pendidikan Pondok Pesantren”. Jurnal ilmiah studi islam.
Zamakhsyari Dhofier, 1982. "Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai", (Jakarta: LP3ES)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Echa Putri Khairani, Dwika Hanum Sagala, Utia Ramadhani Ar-Rasyid Hasibuan, Hasmar Sulaeman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




